Wow! Kartu Paspor BCA kini ada Chip-nya!

Saya yakin anak muda kekinian pasti kenal dan tahu yang namanya Kartu ATM. Satu fasilitas yang ditawarkan oleh bank yang memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk melakukan transaksi keuangan dengan lebih mudah. Tak mau ketinggalan, saya pun punya hehe, ya bagaimana lagi, satu sarana yang paling memungkinkan untuk menggunakan sumber pemasukan saya ya dengan kartu ATM. Nah, bank yang saya (harus) gunakan adalah Bank BCA.

Sedikit flashback, ada satu cerita yang mengenaskan yang saya alami beberapa waktu lalu ketika hendak berbelanja, namun uang cash belum ada di dompet saya. Terpaksa transaksi harus dilakukan dengan metode gesek ala Debit BCA.

Saya (S) dan Bapak Penjual (B)

S : “Bayar pake debit BCA bisa, Pak?”

B : “Pake kartu? Bisa mas..”

*saya serahkan kartu debit saya, si bapak lalu menggesekkan kartu ke EDC-nya. Gesekan pertama; gagal! Kartu seolah tak terbaca di mesinnya. Gesekan kedua; masih negatif! Belum ada tanda2 balasan dari si mesin. Gesekan ketiga; ZONK! Si mesin hening tak bergeming.

B : (sambil menatapi kartu saya dengan wajah heran) “Wah, ini ga kebaca mas. Kartunya udah jelek, nih..” (sambil menunjukkan  bagian kartu yang cacat)

S : “hah?! Iya pak?? Waduh, kemaren masih bisa lho

B : “Itu udah jelek mas kartunya

S : “Iya yah, yaudah deh pak cash aja

Beruntung! Masih ada sisa-sisa uang cash terselip di kantong celana. Transaksi pun aman. Akibat kejadian itu, saya berniat mengganti kartu ATM saya yang lama dengan yang baru.

Untuk penggantian kartu paspor BCA yang baru, syarat yang perlu dibawa adalah KTP, Buku Tabungan, dan Kartu ATM yang lama. Cukup itu saja, dan Silahkan bawa ke Bank BCA cabang terdekat. Sampaikan keperluan kita ke Satpam, maka akan dibantu diambilkan nomor antrian untuk counter Customer Service.

Sebelum pergi ke Bank saya sempet browsing di internet tentang cara penggantian kartu paspor BCA. Ternyata, kartu paspor BCA punya desain baru yang lebih modern, dan dilengkapi Chip! Selain itu, paspor BCA juga bisa digunakan sebagai kartu Flazz yang bisa memudahkan kita untuk melakukan transaksi digital, seperti untuk toll, ataupun kendaraan umum seperti KRL maupun busway. Oke, fitur yang cukup futuristik!

Sampai di counter CS, sampaikan tujuan kita, serahkan syarat, maka akan kita dapatkan kartu paspor BCA yang baru. Tapi ada satu hal yang cukup berbeda, yaitu tidak adanya logo Flazz di kartu paspor BCA yang baru. Why??! Setelah saya tanyakan, ternyata fasilitas Flazz sudah tidak digabungkan lagi dengan kartu paspor BCA yang baru karena banyak yang komplain, karena Flazz tidak bisa digunakan untuk transaksi berbasis online. Nah, sebagai gantinya, kartu paspor BCA yang baru kini dilengkapi dengan MasterCard, dengan kata lain, Kartu paspor BCA sudah bisa digunakan untuk transaksi online, dan juga bisa digunakan untuk transaksi di Luar Negeri. Mantap! Di belakang kartu juga sudah disematkan nomor CVV seperti yang ada di Kartu Kredit, untuk memudahkan kita melakukan pembayaran Online, layaknya menggunakan kartu kredit. Disitu saya kepikiran, “Kalau begini, dulu ngga usah bikin kartu kredit aja deh, lha wong kartu debit fungsinya udah hampir sama kok”.

Update : Berdasarkan pengalaman pribadi saya, dan beberapa komentar dari netizen yang baik, Paspor BCA yang berembel-embel MasterCard ini belum atau tidak bisa digunakan untuk transaksi debit online. Harap bersabar, ini Ujian!


20180102_095238
Penampakan Paspor BCA yang Baru

Nah, yang jadi masalah, kan saya penasaran pengen coba kartu Flazz. Sedangkan kartu paspor BCA yang baru ngga ada Flazz-nya. Ya sudah mumpung ke Bank, sekalian aja saya bikin kartu Flazz, lumayan buat naik Busway atau KRL ngga perlu antri2 beli tiket harian, kan? Tinggal bilang aja ke mbak-mbak CS-nya mau bikin Flazz sekalian. Untuk penerbitan kartu Flazz, kita dikenakan biaya Rp. 25.000 untuk penerbitan, dan deposit saldo minimal sebesar Rp. 20.000 untuk pengguna baru. Setelah melakukan pembayaran di Teller, jadilah kartu Flazz baru.

20180102_095700.jpg
Flazz dan Paspor BCA

Nah, jadi untuk anda pengguna kartu BCA, yang merasa kartunya sudah mulai lecek, dekil, dan rapuh, segera ganti kartu Paspor BCA lama anda dengan yang baru, dan nikmati fasilitas-fasilitas baru yang ditawarkan. Selamat berbelanja!

Author: rizdamfirlo

(mantan) Calon Guru yang sekarang sedang terjebak dalam rutinitas tak menentu

7 thoughts on “Wow! Kartu Paspor BCA kini ada Chip-nya!”

  1. Halo min, apakah untuk transaksi onlinenya bisa dilakukan? karena saya mencoba untuk menghubungkan kartu debit mastercard saya untuk bertransaksi namun gagal. Mohon pencerahannya

  2. Ya Ampuuuuuunnn ini ceritanya persis plek ketiplek sama cerita saya Selasa 14 Agustus 2018 kemarin…saya merasa seperti ada menuliskan cerita kejadian yg saya alami Minggu ini…

  3. Wiw, keren sekarang udah ada logo mastercard-nya ya ? Jadi bisa dipakai di EDC mastercard ?

    Saya juga harus ganti kartu ATM, kartu saya bentuknya sudah memprihatinkan, sudah berumur 15th, tapi untungnya masih jalan setiap di mesin ATM.

    Btw, kenapa ngga yang gold saja ? suatu saat butuh, nanti bisa transaksi antar bank lebih besar per hari.

    1. dicoba saja gan, saya juga belum pernah make sebenernya di EDC mastercard hehe

      iya sih, dulu lupa bilang mau upgrade. tapi yasudahlah, saya juga jarang transaksi gede-gedean kok

  4. Blm bisa transaksi online jg kayanya debit bca. Seenggaknya blm bisa di tokopedia. Maklum lah dia bank yang fiturnya salah satu paling minim dan gembel. Mandiri udah dari kapan tau bisa gini lewat visa

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.